Pengenalan Nilai Tempat Menggunakan Model Konkret

BAHAN AJAR MATEMATIKA SD KELAS 2 

Berikut ini merupakan contoh Bahan Ajar Matematika Kelas 2 yang terdapat pada KD 3.1 dan 4.1 yang menjelaskan tentang makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya. 

Berikut adalah tabel pengembangan indikator dari KD ranah kognitif dan KD ranah ketrampilan : 

No
KD Ranah Pengetahuan
Indikator
KD Ranah Keterampilan
Indikator

1

3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya


1.1.1     Menyebutkan bilangan – bilangan cacah sampai dengan 999
1.1.2     Menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai dengan 999
1.1.3     Membaca lambang bilangan cacah sampai dengan 999
1.1.4     Menjelaskan bilangan cacah dengan menggunakan media dekak- dekak .
1.1.5     Menguraikan lambang bilangan cacah  berdasarkan nilai tempat .
1.1.6     Mengidentifikasi nilai tempat pada suatu bilangan tertentu.


4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret


4.1.1 menunjukkan nilai tempat suatu bilangan cacah sampai 999
4.1.2 Membaca lambang bilangan cacah sampai 999
4.1.3 menuliskan bilangan cacah sampai 999 berdasarkan nilai tempat.
4.1.4 menempatkan bilangan cacah berdasarkan nilai tempat menggunakan “Dekak – dekak”


MATERI BAHAN AJAR
Bilangan Cacah

Bilangan cacah merupakan bilangan yang di mulai dari angka nol dan selalu bertambah satu dengan bilangan setelahnya.
Bilangan-bilangan lain yang termasuk bilangan cacah adalah 
{0,1,2,3,........,980,981,982,983,984,985,986,987,989,990,991,992,993,994,995,996,997,998,999}


       Berikut contoh bilangan cacah : 


Dalam peragaan tersebut disusun berdasarkan blok ratusan, blok puluhan dan yang terakhir blok satuan. Sehingga susunan disamping dapat dituliskan dalam bentuk lambang bilangan 123 dan dibaca seratus dua puluh tiga.



Pada gambar diatas memiliki nilai 3 blok ratusan dan 6 puluhan. 3 blok ratusan memiliki lambang bilangan 300 dan 6 blok puluhan memiliki lambang bilangan 60. Jadi dapat dituliskan dalam bentuk lambang bilangan 360 dan dibaca tiga ratus enam puluh.

Nilai Tempat 

Nilai tempat merupakan nilai dari sebuah angka yang menunjukkan letaknya pada suatu bilangan. Berikut ini, susunan nilai tempat:


  • Bilangan satuan disusun oleh satu angka, antara: 0-9
  • Bilangan puluhan disusun oleh dua angka, antara: 10-99
  • Bilangan ratusan disusun oleh tiga angka, antara: 100-999
Contoh nilai tempat pada bilangan berikut :

  • Lambang bilangan 684 (6 blok ratusan, 8 blok puluhan, 4 blok satuan)



  • Angka 6 menempati nilai tempat ratusan
  • Angka 8 menempati nilai tempat puluhan
  • Angka 4 menempati nilai tempat satuan.
Cara membaca lambang bilangan 684 adalah enam ratus delapan puluh empat

  • Lambang bilangan 129 ( 1 blok ratusan, 2 blok puluhan, 9 blok satuan)

















  • Angka 1 menempati nilai tempat ratusan.
  • Angka 2 menempati nilai tempat puluhan.
  • Angka 9  menempati nilai tempat satuan.
Cara membaca lambang bilangan 129 adalah seratus dua puluh sembilan.

  •          Lambang bilangan 968 ( 9 blok ratusan, 6 blok puluhan, 8 blok satuan)
  • Angka 9 menempati nilai tempat ratusan.
  • Angka 6 menempati nilai tempat puluhan.
  • Angak 8 menempati nilai tempat satuan.
Cara membaca lambang bilangan 968 adalah sembilan ratus enam puluh delapan.

Pengenalan nilai tempat menggunakan dekak-dekak.

Dekak-dekak adalah alat peraga untuk menjelaskan nilai tempat dan untuk memperagakan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan.

Berikut merupakan contoh nilai tempat menggunakan dekak-dekak:

  1. Menunjukkan nilai tempat lambang bilangan 231(dua ratus tiga puluh satu)
  2. Menunjukkan nilai tempat lambang bolangan 204 (dua ratus empat)


Sekian contoh bahan ajar pada pembelajaran Matematika SD kelas 2 mengenai Pengenalan Nilai Tempat Menggunakan Model Konkret. Dalam penulisan ini masih jauh dari kata sempurna sehingga saya membutuhkan kritik serta saran sehingga saya dapat memperbaikinya pada tulisan saya selanjutnya. Gracias!!!!! Salam Matematika 😏😏😏😏😏😏😏😏


Komentar

  1. terima kasih atas ilmunya....

    BalasHapus
  2. Terima kasih... saya sudah mendapatkan ilmu yang sangat berguna 🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerajinan Tangan Angsa Kertas yang Lucu dan Mudah